Selasa, 12 September 2017

7 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Sakit tenggorokan mungkin merupakan tanda awal pilek dan flu, efek samping dari pita suara yang tegang, atau indikasi adanya sesuatu yang lebih serius, seperti radang tenggorokan.

Terlepas dari penyebab apapun, sakit tenggorokan bisa sangat menyebalkan. Anda mungkin tergoda untuk segera mendatangi dokter, namun beberapa tindakan dapat Anda lakukan untuk meringankannya.

Berikut adalah 8 cara yang bisa Anda coba saat tenggorokan mulai terasa gatal, mendengkur, atau sakit karena tertelan.

1. Mint air garam

Berkumur dengan air asin hangat bisa membantu meringankan sakit dan sakit tenggorokan. Laporan kesehatan, beberapa penelitian sehat itu aku telah menemukan bahwa pemberian air asin beberapa kali sehari dapat mengurangi pembengkakan di tenggorokan dan mencairkan lendir, dan membantu membilas bakteri dan berbagai iritan yang dapat mengurangi ketidaknyamanan Anda selama menelan.

Campur 1 sdt garam meja dengan secangkir air hangat. Aduk sampai garam dilarutkan dalam air, lalu kumur selama beberapa detik. Hapus dan ulangi kumur air garam beberapa kali sepanjang hari. Jika salinitas tak tertahankan bagi Anda, campurkan sedikit madu untuk menetralkan rasanya.

2. Isi cairan tubuh

Jika Anda mengalami sakit tenggorokan, Anda membutuhkan lebih banyak cairan untuk menghilangkan rasa sakit. Mempertahankan asupan cairan merupakan bagian penting dari perawatan sakit tenggorokan.

Bila cairan kurang, tubuh tidak bisa menghasilkan cukup air liur dan lendir agar tenggorokan tetap lembab. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan dan memperburuk peradangan.

Anda harus cukup mengkonsumsi cairan untuk membuat urin Anda bersih. Ini akan menjaga kelembaban selaput lendir dan akan bekerja lebih baik melawan bakteri dan iritasi, seperti alergen, dan akan membuat sistem kekebalan tubuh lebih efektif melawan gejala flu dan flu.

Air putih adalah solusi terbaik, tapi bisa juga diganti dengan teh jahe madu hangat, teh hijau segar panas atau sup ayam yang lezat. Kandungan natrium dalam sup ayam memiliki fungsi antiinflamasi, selain itu, mengonsumsi makanan saat sakit tenggorokan bisa sulit, sehingga makanan cair seperti sup bisa menjamin kecukupan nutrisi yang dibutuhkan untuk memerangi penyakit.
3. Pil karamel

Beberapa permen tenggorokan over-the-counter di pasaran mengandung ekstrak mentol, peppermint, atau kayu putih, bahan yang bisa memberi efek segar dan mati rasa sesaat di jaringan tenggorokan Anda. Ketiga bahan ini mengandung khasiat antiinflamasi, antibakteri dan antivirus yang bisa mendongkrak proses penyembuhan.

Obat karamel dan batuk bekerja untuk meningkatkan produksi air liur dan menjaga agar tenggorokan Anda tetap basah. Tapi seperti namanya, permen ini bisa meringankan tenggorokan gatal Anda, meski hanya sementara dan sangat efektif untuk saat darurat.

4. Jus lemon

Kandungan astringent yang terkandung dalam jus lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat membunuh virus dan bakteri yang menjengkelkan.

Cukup campurkan 1 sdt jus lemon dalam secangkir air hangat dan kumur selama beberapa detik. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

5. Mulut cuka apel dan garam

Jika tenggorokan Anda bengkak karena batuk yang parah, atasi 1 sendok makan cuka sari apel yang dicampur dengan 2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat. Gunakanlah itu sebagai obat kumur beberapa kali sehari, jika perlu.

Saus apel bersifat asam yang akan menutupi tenggorokan Anda sekaligus menciptakan lingkungan yang buruk bagi virus dan bakteri untuk bertahan hidup. Untuk perawatan yang lebih halus, campurkan 1/4 cangkir cuka sari apel dan 1/4 cangkir madu, lalu kumur menggunakan ramuannya setiap empat jam.
6. kunyit kunyit air

Bumbu kuning ini adalah zat antioksidan yang sangat kuat, dan juga berguna untuk melawan banyak penyakit serius. Untuk meredakan radang tenggorokan, campurkan 1/2 sendok makan bubuk kunyit dan 1/2 sendok teh garam dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

7. Air mandi panas

Menghirup udara lembab bisa membantu meredakan bengkak sakit tenggorokan sekaligus mengatasi hidung tersumbat. Ubahlah air dingin yang Anda gunakan saat mandi dengan air suam-suam kuku, atau Anda bisa mengisi mangkuk besar dengan air hangat dengan menggantungkan handuk ke kepala Anda agar uap panas keluar dari mangkuk.

Ambil napas dalam-dalam selama beberapa menit dan terus ulangi untuk sementara waktu untuk meringankan sakit tenggorokan.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan humidifier udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar