Senin, 08 Juni 2015

Nutrisi dan Olahraga yang Baik Saat Berpuasa


Sebelum berpuasa, penyandang diabetes direkomendasikan utk berkonsultasi dgn dokter yg menanganinya. Terkecuali utk mengetahui keadaan kesehatannya (terkait kadar glukosa darahnya terkontrol atau tak) & memberikan penyesuaian yg dimanfaatkan, dokter bakal memberikan saran atas asupan nutrisi pula olah raga sewaktu menjalani ibadah puasa Ramadan.

Di seluruhnya dunia, lebih dari 50 juta orang dgn diabetes berpuasa selagi bln Ramadan. Bersama lebih kurang 43 prosen muslim diabetesi type 1 & 79 % muslim penyandang diabetes type 2 berpuasa.

Adrifaza Baraka (24), termasuk juga di antara muslim diabetesi type 1 yg turut berpuasa. Dipercaya, dia tak berpuasa penuh selagi puasa Ramadan itu. "Ada 3-4 hri aku tak mampu berpuasa penuh," jelas penyandang diabetes kategori 1 ini.

Puasa dibatalkan sebab mengalami tanda hipoglikemi atau hasil teliti glukosa darahnya menunjukkan hipoglikemi. Namun, seandainya sesudah dicek glukosa darah tak hipoglikemi, Adri bakal menyambung puasanya sampai Magrib tiba.

Diwaktu berbuka, Adri yg didiagnosis Desimeter jenis 1 diwaktu kelas 2 SMA ini, dapat minum teh manis dgn gula pemanis buatan. Sesudah itu, menyantap makanan terdiri dari nasi, sayur, & lauk. "Setelah solat tarawih, jikalau masihlah mau mengemil, secukupnya saja. Ya, 2-3 potong siomay, lumayan," lanjut Adri

Di kala sahur, dia dapat memperbanyak mengkonsumsi buah & menyantap nasi, sayur, & lauk. "Secukupnya saja. Yg mutlak itu patuh aturan & menjaga makanan," saran Adri yg sebelum berpuasa, berkonsultasi apalagi dahulu bersama dokternya ini.

Utk asupan makanan kepada diabetesi yg berpuasa, Prof. Dr. dr. Pradana Soewondo, Sp.PD-KEMD, menganjurkan diet yg sehat & seimbang. "Hindari mengkonsumsi tidak sedikit karbohidrat sederhana & gula ketika berbuka puasa. Jikalau mau makan kurma, lumayan 2-3 buah saja," jelas Guru Akbar Fakultas Kedokteran UI ini.

Ketika sahur, dianjurkan konsumsi karbohidrat komplek biar tak terlampaui lapar di siang hri. Karbohidrat komplek ini dapat dilepaskan perlahan di usus maka Kamu lebih tahan kenyang dalam ketika pass lama.

Sebelum & sesudah puasa, sertakan makanan tinggi serat seperti buah, sayur, salad, & biji-bijian utuh. Tambahkan asupan cairan dari kala berbuka sampai sahur & hindari makanan tinggi lemak ataupun bersantan.

Terkait bersama buah, Prof. Pradana lebih menyarankan buat dimakan utuh. Tak diblender ataupun dijus. Katakanlah, jika dijus, dimanfaatkan tiga buah jeruk yg kalorinya dapat bertambah. Di Bandingkan cuma mengkonsumsi satu buah jeruk waktu disantap segera.

Faktor senada serta diutarakan dr. Herry Nursetiyanto, Sp.PD-KEMD. Menurut konsultan endokrin metabolik diabetes di RS Puri Cinere ini, buah potong jadi pilihan dikarenakan mengenyangkan & ukurannya mampu dihitung.

Sementara itu, olah raga bagi diabetesi yg berpuasa sebaiknya dilakukan menjelang berbuka. Olah raga yg dilakukan, sebut dr. Herry merupakan bukan aerobik. "Cukup olah raga di ruang saja. Seputar 20-30 menit sebelum berbuka," tutur dr. Herry.

Waktu berpuasa, Prof. Pradana menganjurkan diabetesi buat melaksanakan tes glukosa darah mandiri. "Cek menjelang berbuka, tengah malam hri sesudah solat tarawih, & menjelang sahur maka tahu pola kadar glukosa darahnya," imbuh Prof. Pradana.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar